Ini 5 Manfaat Kacang Tanah Bagi Kesehatanmu

Kamu pasti pernah mengonsumsi kacang tanah, baik itu yang digoreng langsung atau pun diolah menjadi rempeyek. Menariknya, kacang tanah ternyata tidak hanya nikmat dan renyah untuk dikonsumsi, tapi juga memiliki beragam manfaat bagi kesehatan tubuh.

Kacang tanah bukanlah makanan yang sulit ditemui. Dengan rasanya yang khas dan teksturnya yang renyah, kacang tanah menjadi salah satu kudapan yang digemari berbagai golongan. Lebih menariknya lagi, manfaat kacang tanah bagi kesehatan sudah dibuktikan melalui beberapa penelitian.

manfaat kacang tanah bagi kesehatan, makanan khas depok, rempeyek kacang

Kandungan nutrisi kacang tanah

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, selain memiliki rasa yang nikmat, kacang tanah juga mengandung berbagai nutrisi baik yang dibutuhkan tubuh, seperti:

Calories 567
Water 7 %
Protein 25.8 g
Carbs 16.1 g
Sugar 4.7 g
Fiber 8.5 g
Fat 49.2 g
Saturated 6.28 g
Monounsaturated 24.43 g
Polyunsaturated 15.56 g
Omega-3 0 g
Omega-6 15.56 g

Berbagai manfaat kacang tanah bagi kesehatan

Dikutip dari salah satu situs kesehatan terpercaya dunia, Healthline, Dokter Atli Anarson menjelaskan bahwa kandungan kacang tanah memiliki manfaat yang beragam bagi kesehatan. Gemar mengonsumsi makanan ini akan mendapatkan dampak positif berikut:

1. Penangkal radikal bebas

Tidak bisa dipungkiri kini radikal bebas semakin parah. Namun dengan mengonsumsi kacang tanah, kamu bisa terbebas dari berbagai ancaman kesehatan yang bisa timbul akibat paparan radikal bebas. Zat antioksidan yang terkandung pada kacang tanah akan melindungi lemak baik dari kerusakan yang disebabkan radikal bebas.

2. Membantu mengatur berat badan

Kacang tanah merupakan makanan yang kerap dianjurkan saat seseorang menjalani diet menurunkan berat badan. Sebuah penelitian besar yang dimuat dalam jurnal Atherosclerosis (2014) pun membenarkan hal itu. Seseorang yang menjalani diet dengan rutin mengonsumsi kacang tanah mengalami penyusutan 5 cm pada pinggangnya.

3. Menurunkan kolesterol tinggi

Penelitian yang dimuat dalam Journal of American College of Nutrition mengungkapkan bahwa mengonsumsi kacang tanah bukan hanya membuang kolesterol jahat dari tubuh, tapi juga meningkatkan kadar kolesterol baik yang bermanfaat bagi kesehatan.

4. Mengurangi peradangan

Pada tahun 2015, sebuah penelitian yang dimuat dalam jurnal Metabolism: Clinical and Experimental menunjukan hasil yang luar biasa. Dalam penelitian tersebut, terungkap bahwa mengonsumsi kacang tanah akan mengurangi peradangan yang terjadi, termasuk pada seseorang yang menderita penyakit serius, seperti diabetes dan penyakit ginjal.

5. Menurunkan risiko penyakit jantung dan stroke

Karena mampu mengurangi peradangan, membuang kolesterol jahat dari tubuh, dan menjaga fungsi arteri, mengonsumsi kacang tanah juga dapat menurunkan risiko penyakit jantung dan stroke.

Mulailah menjadikan kacang tanah sebagai kudapan sehari-hari kamu. Kamu bisa mengonsumsinya secara digoreng langsung maupun diolah menjadi makanan lain

Salah satu produk olahan kacang tanah yang patut kamu coba adalah rempeyek kacang Galih. Selain terbuat dari bahan-bahan bermutu tinggi, Rempeyek Kacang Galih juga telah mendapat setifikasi halal dari MUI, dengan proses produksi yang diawasi oleh Badan Pengawasan Obat dan Makanan Republik Indonesia.

Leave a comment